logo Kompas.id
Politik & HukumMimpi Satu ”Super App” untuk...
Iklan

Mimpi Satu ”Super App” untuk Pelayanan Publik

Pemerintah berupaya wujudkan mimpi besar, mengintegrasikan 27.000 aplikasi layanan publik ke dalam satu aplikasi super.

Oleh
DENTY PIAWAI NASTITIE
· 3 menit baca
Seorang warga mencoba membuka aplikasi Solo Destination yang dikembangkan Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (2/12/2018). Aplikasi ini memuat beragam fitur pelayanan publik.
KOMPAS/ERWIN EDHI PRASETYA

Seorang warga mencoba membuka aplikasi Solo Destination yang dikembangkan Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (2/12/2018). Aplikasi ini memuat beragam fitur pelayanan publik.

Keberadaan aplikasi serba otomatis biasanya disukai oleh masyarakat karena memudahkan kerja dan aktivitas sehari-hari. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak, bukannya memudahkan justru membuat rumit.

Keberadaan 27.000 aplikasi layanan publik yang dioperasikan oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, misalnya, sering membuat masyarakat kerepotan. Oleh karena itu, pemerintah berencana mengintegrasikan semua itu ke dalam satu aplikasi. Sebuah mimpi besar yang menantang, tetapi diyakini mampu menyelesaikan masalah birokrasi dan pelayanan publik yang selama ini masih dikenal berbelit-belit dan berbiaya tinggi.

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO, ANITA YOSSIHARA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000