logo Kompas.id
OpiniPasien Memang Perlu Dibela
Iklan

Pasien Memang Perlu Dibela

Untuk mengantisipasi keculasan medis, masyarakat pasien perlu dibuat cerdas dan luas wawasan kesehatannya.

Oleh
HANDRAWAN NADESUL
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/M6Os4Q7FcFYk_mieqsHJoGr3ePQ=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2024%2F05%2F30%2Fce5be699-7346-4e15-a97c-7c32c4f5edbc_jpg.jpg

Berita fraud tiga rumah sakit yang masuk dalam penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi baru-baru ini, yang merugikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan sebesar Rp 35 miliar, merupakan satu dari banyak kasus keculasan yang sebetulnya sudah banyak terjadi. Ini keculasan yang merugikan BPJS Kesehatan. Namun, yang acapkali ditemukan di lapangan, lebih sering terjadi fraud, kecurangan, keculasan, kenakalan layanan kesehatan dan medis yang merugikan pasien.

Keculasan medis bahkan sudah terjadi sejak layanan kesehatan kita belum dimasuki industri medis (industrial medical complex) seperti yang mungkin dilumrahkan sekarang ini. Mengapa? Karena posisi dokter dan rumah sakit (RS) punya otoritas yang lebih dari pasien. Terkait medis, pasien adalah pihak yang tidak berdaya.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000