Urai Penumpukan, Stasiun Purwokerto Tambah Pintu Masuk Penumpang
PT KAI Daop 5 Purwokerto tambah satu pintu masuk lagi sebagai antisipasi penumpukan penumpang di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.
Oleh
WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO
·2 menit baca
PURWOKERTO, KOMPAS — Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo meresmikan skybridge, CS Counter, Lounge, dan Ruang Rapat Stasiun Purwokerto di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Fasilitas itu untuk menambah pintu masuk yang semula dua menjadi tiga guna hindari penumpukan penumpang.
”Stasiun yang lama bagus, tetapi ruangannya sudah tidak memadai lagi karena jumlah penumpang hariannya sudah mencapai 11.000 orang kadang 12.000 orang dan di masa-masa seperti ini harus diantisipasi,” kata Didiek usai meresmikan fasilitas baru itu di Stasiun Purwokerto, Rabu (27/12/2023).
Didiek mengatakan, fasilitas baru ini menjadi babak baru peningkatan pelayanan di Stasiun Purwokerto. ”Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dengan kenyamanan yang lebih baik,” katanya.
Sebelumnya, stasiun ini mempunyai dua pintu masuk di sebelah barat dan timur. Dengan beroperasinya jembatan layang (skybridge) yang berada persis di Jalan Kober, ada tambahan satu pintu masuk lagi di sisi utara.
Kepala Daerah Operasi 5 Purwokerto Agung Wawan menyampaikan, pembangunan skybridge dan Customer Service Counter dimulai pada 9 Desember 2022 dan selesai 10 Desember 2023. Bangunan skybridge ini merupakan akses penghubung antara bangunan loket dan layanan pelanggan baru dengan ruang tunggu zona 2 berupa bangunan kaca.
Skybridge ini memiliki panjang 36 meter, lebar 6 meter, dan dapat menampung lebih kurang 100 orang. Terdapat fasilitas lift sebagai akses penumpang disabilitas dan eskalator yang menghubungkan lantai 2 dan lantai 1 ruang tunggu. Ada pula ruangan Customer Service Counter sebagai tempat pelayanan loket dan customer service dengan luas ruangan 60 meter persegi.
Selain pembangunan skybridge dan Customer Service Counter, peningkatan layanan lainnya di area ini adalah ruang sewa, toilet, gerbang masuk, area menurunkan penumpang kendaraan roda empat dan area parkir roda dua.
Suasana skybridge di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (27/12/2023).
Ada pula fasilitas Face Recognition Boarding Gate sebanyak 4 unit. Fasilitas ini untuk memudahkan proses masuknya penumpang, yakni hanya dengan memindai wajah tanpa perlu menunjukkan tiket dan tanda pengenal.
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Juniadi mengapresiasi pembangunan dan pengoperasionalan fasilitas baru tersebut. Peningkatan layanan dan fasilitas itu diharapkan dapat menarik minat wisatawan dari luar kota untuk berkunjung ke Banyumas.
”Harapannya ini meningkatkan pariwisata yang ada di Banyumas. Banyumas punya banyak tempat wisata, seperti Baturraden, juga punya banyak kearifan lokal serta budaya. Harapannya, kunjungan wisatawan ke Banyumas juga kian meningkat,” ujar Junaidi.