logo Kompas.id
NusantaraSerapan Anggaran Pemda untuk Covid-19 Rendah, Mendagri Tito: Anggaran Kami Ambil

Serapan Anggaran Pemda untuk Covid-19 Rendah, Mendagri Tito: Anggaran Kami Ambil

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mendorong pemerintah daerah segera mempercepat realisasi anggaran untuk penanganan Covid-19. Jika pemda lamban, anggaran tersebut bisa ditarik ke pemerintah pusat.

Oleh ABDULLAH FIKRI ASHRI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tengah) memberikan keterangan kepada awak media di Kantor Bupati Cirebon, Rabu (28/7/2021) sore. Dalam kunjungannya, Tito mengingatkan agar pemerintah daerah mempercepat realisasi anggaran penanganan Covid-19 untuk membantu warga terdampak pandemi dan membayar insentif tenaga kesehatan.

CIREBON, KOMPAS — Serapan anggaran untuk penanganan Covid-19 dalam APBD 2021 belum memuaskan. Padahal, realisasi belanja bisa membantu warga terdampak pandemi. Pemerintah pusat bakal mengambil dana tersebut jika pemda masih lamban bertindak.

Saat berkunjung ke Kantor Bupati Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021) sore, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kembali mengatakan, realisasi belanja daerah masih berkisar 30 persen. ”Seharusnya realisasinya di atas 50 persen. Ini akan meningkatkan daya beli masyarakat,” katanya.

Editor: Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan
Memuat data..