logo Kompas.id
NusantaraHais Mengembalikan Kejayaan Nanas Prabumulih

Hais Mengembalikan Kejayaan Nanas Prabumulih

Berawal dari tekadnya untuk mencegah nanas Prabumulih menghilang dari peredaran, Hais membuat hamparan kebun nanas di tengah ladang pohon karetnya. Kebun nanas ini diharapkan jadi tonggak kebangkitan nanas Prabumulih.

Oleh RHAMA PURNA JATI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RHAMA PURNA JATI

Hais, seorang petani nanas di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, yang memiliki visi untuk melestarikan nanas Prabumulih yang hampir punah.

Berawal dari tekadnya untuk mencegah nanas Prabumulih menghilang dari peredaran, Hais (57) membuat hamparan kebun nanas di tengah ladang pohon karetnya. Kebun nanas seluas 4 hektar itu diharapkan menjadi tonggak kebangkitan nanas Prabumulih agar bisa kembali berjaya seperti beberapa dekade silam.

Baru sekitar enam tahun lalu, Hais membuka kebun nanas yang terletak di kawasan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Kala itu, dia baru menjadikan nanas sebagai tanaman pendamping dari kebun karetnya. ”Dulu nanas yang saya tanam hanya sebagai tanaman sela di tengah tanaman karet yang baru saja diremajakan,” ujarnya, Selasa (25/5/2021).

Editor: Mohammad Hilmi Faiq
Bagikan
Memuat data..