logo Kompas.id
β€Ί
Nusantaraβ€ΊUrgensi Membangun Resiliensi...
Iklan

Urgensi Membangun Resiliensi Bencana di Indonesia

Tingkat bahaya, kerawanan, kerentanan, dan risiko bencana merupakan formulasi yang dapat dipakai untuk menyusun resiliensi bencana serta dibangun melalui proses yang berkesinambungan antara kesiapsiagaan dan kerentanan.

Oleh
Yoesep Budianto
Β· 1 menit baca

Sebagai negara yang memiliki potensi kerawanan bencana, manajemen bencana menjadi satu hal yang penting dilakukan di Indonesia. Pengurangan risiko bencana perlu bergeser pada peningkatan resiliensi atau daya pulih penduduk.

Konsep resiliensi bencana memiliki posisi penting dalam manajemen bencana di dunia. Menurut United Nations International Strategy for Disaster Reduction, resiliensi merupakan kemampuan suatu sistem, komunitas, atau masyarakat yang terpapar bahaya untuk melawan, menyerap, menampung, dan pulih dari dampak bahaya secara tepat waktu serta efisien.

Proses tersebut berlanjut melalui pelestarian dan pemulihan struktur serta fungsi dasar yang penting dalam usaha pulih kembali. Resiliensi memfokuskan investasi pada peningkatan kemampuan suatu wilayah secara keseluruhan untuk mendukung masyarakat tetap kuat dalam berbagai keadaan.

Editor:
Bagikan