logo Kompas.id
UtamaHampir Separuh Wilayah Jakarta Berupa Permukiman Kumuh

Hampir Separuh Wilayah Jakarta Berupa Permukiman Kumuh

Hampir separuh wilayah DKI Jakarta berupa permukiman kumuh yang paling banyak berada di tepi sungai. Pemerintah menyiapkan penataan dengan melakukan konsolidasi lahan. Langkah ini dilakukan dengan mengedepankan aspek sosial, historis, ekonomi, dan budaya setempat.

Oleh
NIKOLAUS HARBOWO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/NIKOLAUS HARBOWO

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan dalam peluncuran Gugus Tugas Reforma Agraria Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Senin (27/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS – Hampir separuh wilayah DKI Jakarta berupa permukiman kumuh yang paling banyak berada di tepi sungai. Pemerintah menyiapkan penataan dengan melakukan konsolidasi lahan. Langkah ini dilakukan dengan mengedepankan aspek sosial, historis, ekonomi, dan budaya setempat.

Data Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional pada Mei 2019, permukiman kumuh di DKI Jakarta tersebar di 118 dari 267 kelurahan atau hampir 45 persen dari total seluruh kelurahan. Luas permukiman kumuh itu mencapai 1.005,24 hektare dengan sebaran wilayah di Jakarta Utara (30 persen), Jakarta Barat (28 persen), Jakarta Selatan (18 persen), Jakarta Timur (12 persen), Jakarta Pusat (11 persen), dan Kepulauan Seribu (1 persen). Mereka berada di tanah tak bertuan, seperti bantaran sungai, sepadan pantai, dan sekitar waduk.

Editor:
Andy Riza Hidayat
Bagikan