logo Kompas.id
SosokPahrul Azim, Sosok di Balik Keberhasilan Desa Wisata Bilebante

Pahrul Azim, Sosok di Balik Keberhasilan Desa Wisata Bilebante

Bilebante bertransformasi dari ”Desa Debu” menjadi desa wisata yang banyak menarik turis. Salah satu sosok yang gigih membangun desa wisata di Bilebante adalah Pahrul Azim.

Oleh ISMAIL ZAKARIA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA

Pahrul Azim bersepeda di jalan yang membelah persawahan di Desa Bilebante, Pringgarata, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (7/6/2021). Pahrul merupakan salah satu sosok kunci di balik keberhasilan transformasi Bilebante dari desa berdebu menjadi desa wisata yang dikunjungi banyak turis.

Bilebante pernah dijuluki sebagai ”Desa Debu” akibat maraknya kegiatan tambang pasir. Dalam kondisi itu, muncul kesadaran warganya akan potensi lain, yakni pariwisata. Pelan tapi pasti, Bilebante bertranformasi menjadi salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Pencapaian Bilebante itu tidak terlepas dari kegigihan seorang Pahrul Azim (35).

Penambangan pasir telah berlangsung di Bilebante sejak 1990-an. Sekaligus menjadi mata pencarian utama warga desa yang berlokasi di Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah, sekitar 17 kilometer tenggara Mataram, ibu kota Nusa Tenggara Barat.

Editor: Budi Suwarna
Bagikan
Memuat data..