logo Kompas.id
SosokJoko Anwar, Standar Baru untuk...
Iklan

Joko Anwar, Standar Baru untuk Dilampaui

Setiap membuat film, Joko Anwar seperti menetapkan standar baru bagi kualitas produk film. Piala Citra sebagai sutradara film horor ”Perempuan Tanah Jahanam” adalah ganjaran yang pantas.

Oleh
HERLAMBANG JALUARDI
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/jHGIixxcSSEQpEMnXXjcA3KPgeI=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F12%2FARM9804_1607514427.jpg
FFI/ARMAN FEBRYAN

Sutradara film Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar mendapat penghargaan sebagai Sutradara Terbaik di ajang Festival Film Indonesia, yang diadakan di Jakarta Conventional Center, Sabtu (5/12/2020).

Film Perempuan Tanah Jahanam mendapat 17 nominasi dan memenangi enam Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia 2020, termasuk di kategori puncak Film Cerita Panjang Terbaik. Pencapaian itu tak bisa dipandang sebelah mata, apalagi bagi film berjenis horor. Joko Anwar adalah arsiteknya.

Satu dari enam piala itu ditujukan kepadanya sebagai Sutradara Terbaik. Secara pribadi, Joko juga jadi nomine penulis Skenario Asli Terbaik untuk film Perempuan Tanah Jahanam (PTJ), dan Skenario Adaptasi Terbaik untuk film Ratu Ilmu Hitam. Dua-duanya lepas. Tak jadi soal. Dianugerahi penghargaan di tengah mandeknya industri film tetap memberi pengalaman yang tidak biasa baginya.

Editor:
Maria Susy Berindra
Bagikan