logo Kompas.id
RisetOngkos Gaya Hidup Gen Z dan...
Iklan

Ongkos Gaya Hidup Gen Z dan Milenial Perkotaan Meningkat, Kesehatan Finansial Terancam

Kaum muda cenderung membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang bermerek serta hiburan bersenang-senang.

Oleh
YOHANES ADVENT KRISDAMARJATI
· 6 menit baca
Penonton larut dalam eforia konser Bruno Mars di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara, Rabu (11/9/2024).
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI

Penonton larut dalam eforia konser Bruno Mars di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara, Rabu (11/9/2024).

Dalam membelanjakan uangnya, kaum muda cenderung memilih barang-barang bermerek serta berorientasi pada hiburan dan bersenang-senang. Hasil survei Financial Fitness Index 2024 menyingkap fenomena bahwa 4 dari 10 kaum muda urban memiliki kebiasaan menabung untuk berbelanja barang bermerek, liburan, dan menonton konser. Selain bersumber dari dana simpanan, kesenangan konsumsi kebutuhan tersier itu juga didapat dengan berutang dari orang-orang terdekatnya. Apabila terus berlanjut, gaya hidup ini berpotensi menimbulkan permasalahan finansial yang pelik.

Merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaya hidup memiliki makna pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia di dalam masyarakat. Kata kunci yang perlu digaris bawahi adalah pada bagian ”segolongan manusia”. Dari situ dapat dimaknai bahwa gaya hidup bukanlah sesuatu yang dijalani oleh individu secara soliter atau sendirian, melainkan hasil dari interaksi sosial antarmanusia.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000