logo Kompas.id
RisetKajian DataIndeks Pengendalian Covid-19: Jateng Harus Terus Berbenah

Indeks Pengendalian Covid-19: Jateng Harus Terus Berbenah

Skor Indeks Pengendalian Covid-19 Indonesia-”Kompas” (IPC-19) Provinsi Jawa Tengah berada di urutan terbawah di Pulau Jawa. Perlu ada integrasi antarpemerintahan kabupaten/kota untuk penanganan pandemi dengan lebih baik.

Oleh Yohanes Advent Krisdamarjati
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HARIS FIRDAUS

Seorang petugas beraktivitas di dalam laboratorium milik Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (18/3/2020). Laboratorium milik BBTKLPP Yogyakarta itu menjadi laboratorium untuk memeriksa sampel pasien terduga Covid-19 dari wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Berdasarkan Indeks Pengendalian Covid-19 Indonesia-Kompas (IPC-19) capaian skor seluruh provinsi di Pulau Jawa terbilang tinggi. Namun, skor indeks Jawa Tengah masih berada di peringkat bawah selama pemantauan sembilan minggu terakhir. Bahkan, berada di bawah rata-rata nasional. Perlu upaya yang lebih intensif dan terintegrasi antarpemerintahan untuk menangani pandemi menjadi lebih baik.

Pengamatan data pengendalian pandemi Covid-19 melalui IPC-19 Indonesia-Kompas dimulai ketika ditetapkannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di seluruh wilayah Indonesia sejak 12 Juli 2021. Hingga 13 September 2021 telah dilakukan pemantauan dalam periode sembilan minggu. Melalui skor indeks pada rentang angka nol hingga 100, diperoleh gambaran performa pemerintah provinsi dalam mengatasi pandemi.

Editor: yogaprasetyo
Bagikan
Memuat data..