logo Kompas.id
RisetLinimasaMenyusuri Sejarah, Fungsi, hingga Tindakan Satpol PP Saat PPKM Darurat

Menyusuri Sejarah, Fungsi, hingga Tindakan Satpol PP Saat PPKM Darurat

Satpol PP harus kembali ke khitahnya, yakni menertibkan dan melindungi masyarakat. Sesungguhnya, siapakah dan apa wewenang satpol PP?

Oleh Yohanes Mega Hendarto
· 1 menit baca
Memuat data...
DOKUMENTASI SATPOL PP PADANG

Satuan Polisi Pamong Praja Padang, Minggu (4/7/2021), mendatangi restoran BS di Kelurahan Kampung Jao, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, yang diduga melanggar protokol kesehatan berdasarkan video yang viral di media sosial.

Tindakan satuan polisi pamong praja yang melakukan penertiban aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat disertai tindak kekerasan menjadi sorotan akhir-akhir ini. Upaya penertiban dan perlindungan masyarakat tidak selalu harus dengan cara kekerasan.

Petugas satuan polisi pamong praja (satpol PP) yang melakukan penertiban aturan PPKM darurat dengan aksi kekerasan di Gowa, Sulawesi Selatan, pada Rabu, 14 Juli 2021, lalu menjadi sorotan publik. Terlepas dari perempuan pedagang yang hamil atau tidak, tindak kekerasan ini tidak dapat dibenarkan. Satpol PP harus tetap menjalankan fungsi utamanya sebagai penyelenggara ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

Editor: yogaprasetyo
Bagikan
Memuat data..