logo Kompas.id
RisetLinimasaBTS Meal Bukti Keperkasaan Industri Budaya K-Pop

BTS Meal Bukti Keperkasaan Industri Budaya K-Pop

Mengulas seputar penggemar musik tidak lepas dari aspek ekonomi. Apabila BTS Meal sukses, kolaborasi ini menjadi bukti bahwa industri budaya Korea Selatan menunjukkan pengaruhnya di lingkup ekonomi global.

Oleh Yohanes Advent Krisdamarjati
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Poster promosi menu baru terpasang di pintu masuk restoran cepat saji McDonald’s Green Garden, Jakarta Barat, Rabu (9/6/2021). Gerai-gerai McDonald’s dipadati pengojek daring dari berbagai aplikator yang akan mengambil pesanan BTS Meal, menu yang baru diluncurkan kolaborasi McDonald’s Indonesia dan salah satu grup K-pop BTS.

”Pasukan” layanan pesan antar makanan daring berbaris mengular di luar gerai McDonald’s di berbagai kota di Indonesia. Untuk pertama kalinya sebuah grup band dunia menyapa penggemar melalui indera pengecap. Kental nuansa ekomodifikasi fan dari strategi pemasaran ini.

Jadwal peluncuran kampanye ini mulai Mei hingga Juli. Peluncuran perdana diadakan di Amerika Serikat dan di 11 negara lainnya pada 26 Mei 2021. BTS Meal perdana dijual di Indonesia pada Rabu (9/6/2021) mulai pukul 11.00 WIB.

Editor: Yoga Prasetyo
Bagikan
Memuat data..