logo Kompas.id
RisetMemberdayakan Kecerdasan...

Memberdayakan Kecerdasan Buatan di Lingkup Personal hingga Global

Kecerdasan buatan sudah ada di sekitar kita. Untuk dapat sejalan dengan era serba cerdas ini, perlu dibangun pemahaman tentang lingkungan yang disokong oleh kecerdasan buatan.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/7GDHyooXoERrRs5VRS-_N8BAEBU=/1024x655/https://kompas.id/wp-content/uploads/2018/11/20181120_TEROPONG_C_web_1542705616.jpg
KOMPAS/JANNES EUDES WAWA

Robot ini mampu memilah bahan makanan di pabrik sehingga waktu menjadi lebih pendek. Ini bagian dari kecerdasan buatan yang diperkenalkan Panasonic dalam pameran di Tokyo pada 30 Oktober-3 November 2018.

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence saat ini sudah terintegrasi dengan kehidupan manusia. Pemanfaatannya dapat ditemui mulai dari  tingkat individu hingga lingkup negara bahkan dunia.

Hadirnya teknologi dalam setiap fase peradaban manusia tidak terlepas dari fungsi utamanya, yaitu memudahkan pekerjaan manusia. Sejak zaman dahulu, penemuan teknologi telah digunakan manusia untuk membantu membangun peradaban yang lebih baik. Teknologi pengungkit dan bidang miring, misalnya, dimanfaatkan oleh orang Mesir untuk menyusun batu-batu ketika membangun piramida sekitar tahun 2.500 sebelum Masehi.

Editor:
yogaprasetyo
Bagikan