logo Kompas.id
RisetKecerdasan Buatan Akan...

Kecerdasan Buatan Akan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Saat ini negara-negara di dunia berada dalam kompetisi untuk menerapkan teknologi paling cerdas untuk dijadikan pondasi ekonomi digital di masa depan.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/C5DgSgu3TdSEl5lU-CVOuF4aVJk=/1024x683/https://kompas.id/wp-content/uploads/2018/11/CHINA-TECHRESTAURANT_72743711_1543316383.jpg
REUTERS/JASON LEE

Sebuah robot pelayan membawa makanan dari dapur yang dipesan konsumen restoran di China Haidilao\'s new artificial intelligence hotpot restaurant di Beijing, China, (14/11/2018). Kecerdasan buatan mampu membuat robot pelayan memenuhi sejumlah kebutuhan manusia.

Era kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) mendorong negara-negara di dunia berlomba menerapkan teknologi paling cerdas untuk dijadikan pondasi ekonomi digital di masa depan. Namun, pemerataan manfaat AI perlu dipupuk sejak dini agar tidak memperlebar jarak kesenjangan antarnegara.

Kecerdasan buatan merupakan partner dari peradaban manusia. AI dapat didefinisikan sebagai sistem komputer yang mampu mengenali kondisi lingkungan, berpikir, belajar, serta mengambil keputusan sesuai dengan tujuan yang ditanamkan. Dengan demikian, sistem AI mampu mempelajari, menganalisis, serta mengambil keputusan dalam suatu kondisi tertentu yang didasari oleh serangkaian data.

Editor:
totosuryaningtyas
Bagikan