logo Kompas.id
β€Ί
Politik & Hukumβ€ΊPemerintah Kembali Jamin...
Iklan

Pemerintah Kembali Jamin Anggaran Pemilu, tetapi Harus Rasional

Pemerintah meminta KPU merasionalisasi anggaran yang sifatnya tidak pokok. Misalnya, pembangunan kantor, kenaikan honor, dan kenaikan jumlah petugas Penyelenggara Pemungutan Suara.

Oleh
DIAN DEWI PURNAMASARI
Β· 1 menit baca
Suasana simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Selasa (22/3/2022).
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Suasana simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

JAKARTA, KOMPAS β€” Pemerintah kembali menegaskan komitmennya untuk memastikan anggaran Pemilu 2024, terutama yang dibutuhkan untuk tahapan di tahun 2022. Namun, pemerintah juga meminta Komisi Pemilihan Umum untuk merasionalisasi anggaran sesuai dengan urgensi kegiatan tahapan pemilu. Unit biaya anggaran perlu dibuka dan diuji ke publik untuk mengetahui rasionalitasnya.

Pada Kamis (4/8/2022), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengundang Kementerian Keuangan (Kemenkeu), KPU, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk memastikan dukungan anggaran pemilu serentak 2024. Rapat di antaranya dihadiri Ketua KPU Hasyim Asy’ari dan Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata.

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan