logo Kompas.id
Politik & HukumInformasi NIK Presiden Diklaim Bukan dari Sistem PeduliLindungi

Informasi NIK Presiden Diklaim Bukan dari Sistem PeduliLindungi

Pemerintah menyebutkan informasi soal NIK Presiden Joko Widodo yang digunakan sejumlah pihak untuk mengunduh sertifikat vaksinasi Presiden telah terlebih dulu tersedia pada laman resmi Komisi Pemilihan Umum.

Oleh Nina Susilo/Kurnia Yunita Rahayu
· 1 menit baca
Memuat data...
ANTARA/ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO

Presiden Joko Widodo (tengah) bersiap disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah menyatakan informasi terkait nomor induk kependudukan atau NIK dan tanggal vaksinasi Covid-19 Presiden Joko Widodo yang digunakan untuk mengakses sertifikat vaksinasi tidak berasal dari sistem PeduliLindungi. Informasi NIK Presiden disebutkan telah terlebih dulu tersedia pada laman resmi Komisi Pemilihan Umum. Adapun informasi tanggal vaksinasi dapat ditemukan dalam pemberitaan media massa.

Demikian disampaikan dalam rilis pers tertulis bersama Kementerian Kesehatan, Badan Siber Sandi Negara (BSSN), dan Kemenkominfo yang diterima Kompas, Jumat (3/9/2021). Rilis dibuat menyusul penyebaran informasi sertifikat vaksinasi Covid-19 Presiden di media sosial yang di dalamnya tercantum data pribadi Presiden, yaitu NIK.

Editor: Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Memuat data..