logo Kompas.id
Politik & HukumSiasat Para Politisi Serap Aspirasi Konstituen di Tengah Pembatasan

Siasat Para Politisi Serap Aspirasi Konstituen di Tengah Pembatasan

Pandemi Covid-19 tak menghalangi kerja-kerja politik anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Begitu pula saat reses, penyerapan aspirasi tetap dijalankan untuk tetap dekat dengan konstituen. Cara apa yang mereka tempuh?

Oleh IQBAL BASYARI
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar Rapat Paripurna Ke-16 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/4/2021). Rapat dihadiri secara virtual oleh 232 anggota Dewan dan 56 orang hadir di ruang rapat paripurna.

Semenjak pandemi Covid-19 melanda negeri, kegiatan pengumpulan massa dibatasi. Tidak ada lagi pertemuan-pertemuan yang mengumpulkan ratusan warga dalam satu forum. Untuk tetap menjaga kedekatan dengan konstituen, terutama pada masa reses, politisi tetap menyapa konstituen di daerahnya masing-masing. Meskipun ada pembatasan-pembatasan, mereka berusaha melakukan kerja-kerja demi menyerap aspirasi.

Sebagian anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  menyiasati pembatasan dengan memanfaatkan teknologi. Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Putra Nababan, misalnya, memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting untuk blusukan menyapa konstituennya di Daerah Pemilihan DKI Jakarta I yang mencakup kawasan Jakarta Timur.

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..