logo Kompas.id
Politik & HukumSaat Buron, Adelin Lis Tiga Kali Buat Paspor di Jakarta Atas Nama Hendro Leonardi

Saat Buron, Adelin Lis Tiga Kali Buat Paspor di Jakarta Atas Nama Hendro Leonardi

Adelin Lis diketahui memegang Paspor RI atas nama Adelin Lis yang diterbitkan di Polonia pada 2002, serta paspor atas nama Hendro Leonardi yang dikeluarkan tahun 2008, 2013, dan 2017.

Oleh PRAYOGI DWI SULISTYO
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Buronan kasus pembalakan liar selama 13 tahun, Adelin Lis dihadirkan dalam konferensi Pers di Kejaksaan Agung RI di Jakarta, Sabtu (19/6/2021) malam. Adelin Lis dideportasi karena melanggar aturan keimigrasian Singapura yakni menggunakan paspor orang lain atas nama Hendro Leonardi. Adelin Lis dipulangkan dengan menggunakan Garuda Indonesia. Adelin Lis menjadi buronan selama 13 tahun dalam perkara pembalakan liar dan korupsi di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

JAKARTA, KOMPAS – Terpidana kasus pembalakan liar Adelin Lis yang sempat 13 tahun buron, pernah memegang Paspor RI empat kali. Sebanyak tiga paspor tersebut dikeluarkan Imigrasi atas nama Hendro Leonardi.

Ditjen Imigrasi sedang berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri untuk mendalami keabsahan data diri Adelin atas nama Hendro Leonardi. Jika terbukti terjadi pemalsuan data untuk memperoleh paspor, maka Adelin dapat dikenakan Pidana Keimiragsian, yakni dijerat dengan Pasal 126 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..