logo Kompas.id
OpiniPengembangan Standar ”Open...
Iklan

Pengembangan Standar ”Open Banking”

”Open banking” harus mendukung portabilitas data. Seorang nasabah seharusnya dapat memanfaatkan data mereka.

Oleh
RICO USTHAVIA FRANS, ANGGOTA STEERING COMMITTEE INDONESIA FINTECH SOCIETY
· 4 menit baca
Pengunjung mengikuti permainan di salah satu stan peserta Indonesia Fintech Summit and Expo 2023 Ke-5 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2023). Pameran dan diskusi seputar industri teknologi finansial pinjaman antarpihak (<i>peer to peer lending</i>/P2P) ini berlangsung selama dua hari hingga Jumat (24/11/2023).
KOMPAS/PRIYOMBODO

Pengunjung mengikuti permainan di salah satu stan peserta Indonesia Fintech Summit and Expo 2023 Ke-5 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2023). Pameran dan diskusi seputar industri teknologi finansial pinjaman antarpihak (peer to peer lending/P2P) ini berlangsung selama dua hari hingga Jumat (24/11/2023).

Adopsi teknologi digital yang cepat dan banyaknya perusahaan fintech dan start up digital telah menjadi katalis munculnya kebutuhan open banking. Secara singkat, open banking adalah praktik berbagi informasi dan layanan keuangan nasabah secara elektronik dan aman dengan persetujuan dari nasabah yang bersangkutan.

Salah satu penggerak awalnya adalah regulator Eropa yang pada 2015 menerbitkan Payment Service Directive atau dikenal dengan nama PSD2. Aturan tersebut bertujuan mendorong pengembangan pembayaran digital melalui open banking dengan meningkatkan daya kompetisi perbankan menghadapi neo-bank (internet atau digital bank), yang merupakan salah satu evolusi dari fintech, dengan mereposisi bank menjadi penyedia platform finansial dengan konsep bank as a service (BAAS).

Editor:
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000