logo Kompas.id
OpiniKrisis Lingkungan dalam Perubahan Peradaban

Krisis Lingkungan dalam Perubahan Peradaban

Perubahan peradabanlah yang yang mengubah lingkungan bergitu drastis. Peradaban baru yang bertumpu pada teknologi mekanik yang canggih memungkinkan lingkungan alam dieksplorasi dan dieskploitasi besar-besaran.

Oleh
BUDI RAJAB
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Supriyanto

Tanpa perilaku manusia pun lingkungan alam tidaklah diam, statis, dan final. Pasti akan mengalami perubahan, hanya geraknya relatif lambat, tidak begitu terasa, mungkin hasil perubahan itu baru akan terlihat setelah puluhan atau ratusan tahun. Akselerasi perubahan lingkungan alam lalu menjadi lebih cepat dan bahkan selanjutnya mengalami devaluasi dan degradasi karena kemudian banyak dicampuri ulah-tingkah manusia, terutama ketika potensi keserakahan manusia menemukan artikulasinya lewat penemuan dan pengembangan teknologi masinal.

Ketika kelompok manusia hidup dalam peradaban yang sederhana, katakanlah waktu masih menggunakan teknologi yang manual untuk mengolah dan mengelola sumber-sumber daya yang tersedia dalam lingkungan alam, perubahan lingkungan alam itu belumlah begitu besar dan arah perubahannya pun belum menuju ke penurunan nilainya. Ciri teknologi manual adalah kemampuannya yang terbatas dalam mengeksplorasi dan mengeksploitasi sumber daya alam.

Editor:
Yovita Arika
Bagikan