logo Kompas.id
OpiniSoal Ukraina, AS-Rusia Tegang ...

Soal Ukraina, AS-Rusia Tegang Lagi

Rusia menentang upaya Ukraina bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), aliansi militer Barat pimpinan AS. Rusia merasa terancam jika kekuatan NATO hadir di Ukraina, tetangga yang berbatasan langsung.

Oleh
Redaksi
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/i1k7gprXVx6SQZKO1zQkvoqioso=/1024x629/https://kompas.id/wp-content/uploads/2021/12/000_9TT7G8_1638544316.jpg
JONATHAN NACKSTRAND/POOL/AFP

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov (kanan) di Stockholm, Swedia, 2 Desember 2021. Kedua menlu menggelar pembicaraan di sela-sela pertemuan Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE).

Era Perang Dingin semakin jauh ditinggalkan, tetapi pertarungan Amerika Serikat dengan Rusia, sebagai ahli waris utama Uni Soviet, tampaknya belum surut.

Ketegangan hubungan AS-Rusia kembali memuncak pekan ini sebagai komplikasi atas krisis hubungan Rusia dengan Ukraina yang pro-Barat. Muncul spekulasi tentang kemungkinan Rusia menginvasi Ukraina, negara tetangga yang berbatasan langsung. Rusia sudah mengerahkan sekitar 90.000 personel tentara ke garis perbatasan.

Editor:
A Tomy Trinugroho
Bagikan