logo Kompas.id
Opini”Pandemial” dan Politik...

”Pandemial” dan Politik Gagasan

Temuan awal dari penelitian yang sedang dilakukan CSIS mengindikasikan potensi penerimaan yang positif dari pemilih muda terhadap konvensi. Generasi milenial dan Gen Z secara umum akan menekankan proses pencalonan.

Oleh
EDBERT GANI SURYAHUDAYA
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/-8uS4SEpnrVQV52mLI_i85UMHeY=/1024x1264/https://kompas.id/wp-content/uploads/2021/12/20211203-Ilustrasi-Opini6-Pandemial-dan-Politik-Gagasan_CLR_1638539343.jpg
Kompas

Didie SW

Mata saya secara saksama membaca berbagai pilihan kelas yang disajikan oleh Kartu Prakerja. Namun, saya bukan memilih pelatihan untuk saya sendiri, melainkan untuk adik saya yang baru saja lulus kuliah di 2021. Angkatan pandemi. Begitu banyak orang menyebut mereka.

Forum Ekonomi Dunia punya sebutan lain untuk angkatan ini: pandemials. Pada Survei Persepsi Risiko Global (Global Risks Perception Survey/GRPS), kekecewaan ataupun rasa frustrasi yang sedang dialami kelompok dewasa muda (young adults) di seluruh dunia dipersepsikan sebagai ancaman jangka pendek yang akan dihadapi negara-negara dunia. Kondisi ini dinilai sebagai risiko yang paling lemah pemantauannya di antara banyak risiko lain dalam jangka pendek.

Editor:
Sri Hartati Samhadi, yohaneskrisnawan
Bagikan