logo Kompas.id
OpiniMenyongsong Era Kesehatan...

Menyongsong Era Kesehatan Digital

Pandemi Covid-19 mempercepat pemanfaatan layanan kesehatan digital. Teknologi kedokteran digital telah tersedia, saat ini diperlukan definisi ulang hubungan dokter dengan pasien secara digital.

Oleh
FX WIKAN INDRARTO
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/ILIOVrAM5euVJSJTCaqDcxd3jfQ=/1024x846/https://kompas.id/wp-content/uploads/2021/09/20210923-Ilustrasi-Menyongsong-Era-Kesehatan-Digital_1632406064.jpg
Kompas

Didie SW

Setelah pandemi Covid-19 usai, para dokter akan lebih fokus pada layanan kesehatan digital atau telemedicine. Para dokter akan berusaha untuk membuat layanan inovasi untuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit secara digital, yang mulai saat ini dianggap lebih aspiratif dan futuristik. Apa yang menarik?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan digital, atau penggunaan teknologi digital untuk kesehatan, sebagai bidang praktik dokter yang lebih banyak menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, secara rutin dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan kesehatan. Kesehatan digital atau e-health adalah bidang yang baru muncul, penggabungan ilmu kedokteran dengan ilmu komputasi tingkat lanjut dalam data, genomik, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Editor:
yovitaarika
Bagikan