logo Kompas.id
OpiniPartai Politik Baik, Demokrasi...

Partai Politik Baik, Demokrasi Baik

Sebagai penjaga pintu demokrasi, parpol seharusnya diisi orang-orang baik, mempunyai pikiran baik, dan memperjuangkan hal-hal yang baik. Rakyat pun hendaknya tidak memilih parpol yang telah mengelabuhi suara rakyat.

Oleh
ENDANG TIRTANA
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/IovFZtxy3F3Nc7YB-3lzy1w-kbQ=/1024x576/https://kompas.id/wp-content/uploads/2021/09/20210921-Opini-Digital-1_1632232969.jpg
Kompas

Heryunanto

Partai politik adalah pilar demokrasi dan instrumen paling penting untuk saluran kepentingan publik. Parpol juga merupakan sumber utama rekrutmen kepemimpinan yang menentukan hajat hidup rakyat. Jika salah dalam memilih dan mencalonkan, dampaknya akan dirasakan rakyat. Sebut saja, pencalonan presiden, gubernur, bupati/wali kota, hingga lembaga-lembaga negara seperti KPK, semua dicalonkan atau dipilih oleh perwakilan parpol yang ada di DPR atau DPRD.

Sebagai penjaga pintu demokrasi yang sangat menentukan orang-orang yang mengendalikan kebijakan negara untuk kepentingan rakyat, parpol seharusnya diisi oleh orang-orang baik, mempunyai pikiran baik, dan memperjuangkan hal-hal yang baik pula.

Editor:
yovitaarika
Bagikan