logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniMengembalikan Semangat Gotong Royong

Mengembalikan Semangat Gotong Royong

Semangat gotong-royong menjiwai perjalanan bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Sebuah keniscayaan apabila di masa pandemi ini semangat ini dihidupkan untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak.

Oleh BOY ANGGA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/SUPRIYANTO

Supriyanto

Pemerintah kembali memberlakukan kebijakan pembatasan sosial melalui skema Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan ini digulirkan sejak awal Juli 2021. Sebagaimana kebijakan sebelumnya, kebijakan ini juga ditempuh sebagai respons terhadap melonjaknya kasus positif di Indonesia. Harapan besar dibalik kebijakan PPKM ini adalah melandainya kurva kasus positif di Indonesia.

Kebijakan pembatasan sosial ini selalu menciptakan gelombang persoalan. Salah satunya adalah ikut terseretnya kemampuan ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Persoalan ini menjadi tidak terbendung lantaran kemampuan ekonomi masyarakat kecil bergantung pada pendapatan harian. Sebut saja pedagang asongan, buruh bangunan, pemilik warung-warung kecil dan sebagainya. Kelompok masyarakat ini tentu sangat merasakan dampak pembatasan sosial ini.

Editor: yovitaarika
Bagikan
Memuat data..