logo Kompas.id
OpiniSurat PembacaMenjadi Bangsa yang Maju

Menjadi Bangsa yang Maju

Aneka budaya yang sudah ada harus dilestarikan karena merupakan kekayaan bangsa, membedakan kita dari bangsa lain. Kita harus bangga punya Bhinneka Tunggal Ika.

Oleh Ny Sudiyanto
· 1 menit baca
Memuat data...
ARSIP EKO CROZHER

Karya seni tari kontemporer Musikal Meta Tubuh ”Mighty Indonesia” karya koreografer Eko Supriyanto ditampilkan di Pekan Kebudayaan Nasional 2020 secara virtual. Kegiatan ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan antara 31 Oktober hingga 30 November 2020 dengan beragam acara pementasan.

Yang membuat suatu bangsa dan negara maju adalah perilaku atau budaya bangsa. Walaupun peraturan baik dan rinci, kalau budi pekerti tidak baik, pasti bisa berbuat buruk. Sebaliknya, walau tidak ada peraturannya, kalau budi pekerti baik, pasti akan berbuat baik juga.

Jadi, budi pekerti yang baik harus ditanamkan sejak dini, terutama oleh orangtua. Di samping itu, rasa cinta kepada Tanah Air dan bangsa perlu dipupuk, antara lain dengan mengajarkan untuk memperhatikan asal barang. Sedapat mungkin selalu membeli dan menggunakan barang-barang buatan dalam negeri, salah satu wujud cinta kepada Tanah Air.

Editor: Agnes Aristiarini
Bagikan
Memuat data..