logo Kompas.id
OpiniKembali ke Jalur Pertumbuhan

Kembali ke Jalur Pertumbuhan

Indikator pemulihan di dalam negeri, seperti ditunjukkan tren investasi, tecermin dari Indeks Manajer Pembelian manufaktur yang terus meningkat. Perbaikan ekonomi juga didukung belanja fiskal dan perbaikan ekspor.

Oleh
Redaksi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Suasana sebuah pusat perbelanjaan di Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/4/2021). Bank Pembangunan Asia (ADB) melihat Indonesia mampu melewati situasi terberat tahun 2020 dan kembali tumbuh positif tahun ini.

Bank Pembangunan Asia atau ADB memprediksi Indonesia sudah berada di jalur pemulihan ekonomi, dengan pertumbuhan diprediksi 4,5 persen pada 2021 dan 5 persen tahun 2022.

ADB melihat Indonesia mampu melewati situasi terberat pada 2020 dan kembali tumbuh positif tahun ini menyusul pertumbuhan negatif 2,07 persen pada 2020. Proyeksi ADB ini lebih optimistis daripada Dana Moneter Internasional (IMF) yang April ini menurunkan proyeksi pertumbuhan Indonesia tahun 2021 dari 4,8 persen ke 4,3 persen karena belum terkendalinya lonjakan kasus Covid-19. Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) meramalkan 4,9 persen pada 2021.

Editor:
A Tomy Trinugroho
Bagikan