logo Kompas.id
SurveiCatatan di Balik Apresiasi...

Catatan di Balik Apresiasi Penyelenggaraan Mudik 2022

Publik mengapresiasi kinerja pemerintah dalam menyelenggarakan perjalanan mudik Lebaran 2022. Namun, upaya mengurai kemacetan jalan masih memerlukan perhatian pemerintah di masa mudik mendatang.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
· 1 menit baca
Dengan membawa koper, penumpang KM Gunung Dempo dengan keberangkatan awal Jayapura tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Kota Surabaya, Jawa Timur  (29/4/2022).Penumpang KM Gunung Dempo yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak sebanyak 1.526 orang. KM Gunung Dempo merupakan kapal Pelni terakhir yang tiba dari Indonesia Timur sebelum Lebaran.
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Dengan membawa koper, penumpang KM Gunung Dempo dengan keberangkatan awal Jayapura tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Kota Surabaya, Jawa Timur (29/4/2022).Penumpang KM Gunung Dempo yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak sebanyak 1.526 orang. KM Gunung Dempo merupakan kapal Pelni terakhir yang tiba dari Indonesia Timur sebelum Lebaran.

Apresiasi publik ini terekam dari jajak pendapat Kompas pada 10-13 Mei 2022. Tujuh dari 10 responden menyatakan puas dengan kinerja pemerintah dalam mengelola angkutan Lebaran 2022. Lebih terperinci, kepuasan pemudik penumpang kendaraan umum mencapai angka 74,2 persen. Sementara dari pemudik berkendaraan pribadi, sebanyak 66,8 persen responden menyatakan puas.

Kepuasan pada sektor transportasi umum diukur dengan dua variabel, yaitu aspek ketersediaan moda transportasi yang nyaman dan harga tiket yang terjangkau. Hasil jajak pendapat mengungkap bahwa kepuasan terhadap kenyamanan moda transportasi mencapai angka 72 persen. Sementara angka ketidakpuasan sebesar 19,7 persen.

Editor:
ANDREAS YOGA PRASETYO
Bagikan