logo Kompas.id
OlahragaZinchenko Lanjutkan Keajaiban Ukraina

Zinchenko Lanjutkan Keajaiban Ukraina

Ukraina menumbangkan Swedia, Rabu dini hari WIB, untuk menyegel tiket terakhir ke babak perempat final. Oleksandr Zincheko menjadi sosok penting bagi hadirnya sejarah baru bagi Ukraina dalam partisipasi di Piala Eropa.

Oleh MUHAMMAD IKHSAN MAHAR
· 1 menit baca
Memuat data...
ROBERT PERRY/POOL PHOTO VIA AP

Penyerang Ukraina, Artem Dovbyk (tidak tampak), dikerubuti rekan setimnya dan para ofisial setelah mencetak gol kedua dalam pertandingan 16 besar Piala Eropa 2020 antara Swedia dan Ukraina di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu (30/6/2021). Ukraina menang 2-1 setelah melalui perpanjangan waktu.

GLASGOW, RABU — Tiga musim bermain sebagai bagian skuad utama Manchester City memberikan dampak signifikan bagi Oleksandr Zinchenko. Perkembangan pemain kidal itu memberikan keuntungan besar bagi Ukraina untuk menghadirkan keajaiban dalam Piala Eropa 2020. Zinchenko membantu tanah kelahirannya untuk pertama kali merasakan tampil di babak perempat final turnamen antarnegara Eropa sejak tiga dekade merdeka dari Uni Soviet.

Sejak era Andriy Shevchenko awal 2000-an, Zinchenko merupakan pemain Ukraina kedua yang sukses di tanah perantauan. Memang, Zinchenko belum bisa menyamai prestasi Shevchenko yang mampu mempersembahkan satu gelar Liga Champions bersama AC Milan, tetapi Zinchenko telah menyamai sang legenda yang kini menjadi pelatihnya di Ukraina di level tim nasional.

Editor: Wisnu Aji Dewabrata
Bagikan
Memuat data..