logo Kompas.id
NusantaraEkskavasi Lanjutan Sempurnakan Kenampakan Kompleks Situs Kumitir

Ekskavasi Lanjutan Sempurnakan Kenampakan Kompleks Situs Kumitir

Pemerintah akan melanjutkan ekskavasi Situs Kumitir, Mojokerto, Jawa Timur, ke tahap keempat pada Juli 2021. Ekskavasi untuk menyempurnakan kenampakan kompleks istana Bhre Wengker, bangsawan Kerajaan Majapahit itu.

Oleh AMBROSIUS HARTO
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Bahana Patria Gupta

Arkeolog Wicaksono Dwi Nugroho menjelaskan temuan kerangka jenazah saat proses Ekskavasi Situs Kumitir di Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (16/3/2021). Ekskavasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur tersebut merupakan ekskavasi tahap ketiga. Ekskavasi dilakukan untuk mengetahui penampakan istana dari Bhre Wengker yang ada masa Kerajaan Majapahit.

SURABAYA, KOMPAS — Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur akan melanjutkan ekskavasi tinggalan Kerajaan Majapahit, yakni Situs Kumitir, Jatirejo, Mojokerto. Ekskavasi tahap keempat, menurut rencana, berlangsung pada Juli 2021. Tujuannya, menyempurnakan luas Situs Kumitir yang diduga kompleks istana Bhre Wengker, paman Raja Majapahit Hayam Wuruk.

Ekskavasi tahap ketiga kurun 1-30 Maret 2021 telah berakhir. Salah satu temuan signifikan dalam penggalian itu, antara lain, adalah kerangka manusia dari tiga individu. Namun, cuma satu individu yang kerangkanya utuh. Kerangka sedang diteliti oleh tim antropologi forensik Universitas Airlangga, Surabaya, dan kemungkinan juga akan diteliti oleh tim Australian National University.

Editor: Siwi Yunita
Bagikan
Memuat data..