logo Kompas.id
KolomOlahraga Meningkatkan...

Olahraga Meningkatkan Keakraban Sosial

Baru-baru ini kita dikejutkan oleh rentetan peristiwa yang melibatkan massa. Apakah sekarang muncul pola hidup yang berbeda di masyarakat?

Oleh
Albert Widjaja
· 1 menit baca
Warga antre saat Operasi Pasar Minyak Goreng di Kantor Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (24/1/2022).
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Warga antre saat Operasi Pasar Minyak Goreng di Kantor Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (24/1/2022).

Baru baru ini kita dikejutkan oleh rentetan peristiwa yang melibatkan massa: antrian minyak goreng yang luas berbulan bulan, demo BEM SI menentang Jokowi menjadi Presiden ke-3 kali, dan penganiaya Ade Armando. Apakah sekarang muncul pola hidup yang berbeda di masyarakat?

Protes massa atau demonstrasi atau kerumunan massa atau huru-hara dengan kekerasan telah menjadi tren global, dengan peningkatan rata rata 11.5 persen per tahun antara 2009 sampai 2019. Menurut studi Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang berpusat Washington DC, kejadian-kejadian tesrebut paling banyak terjadi di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Afika Sub-Sahara,

Editor:
HARYO DAMARDONO, ANDREAS MARYOTO
Bagikan