logo Kompas.id
KesehatanPengaruh Vaksinasi Covid-19 terhadap Pola Menstruasi Diselidiki

Pengaruh Vaksinasi Covid-19 terhadap Pola Menstruasi Diselidiki

Meski vaksin aman dan diperlukan, kajian akan pengaruhnya terhadap siklus menstruasi masih sangat minim. Sejumlah lembaga riset kini mulai menelitinya.

Oleh Ahmad Arif
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTI DWI UTAMI

Warga menjalani vaksinasi di rumahnya, Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, Selasa (14/9/2021). Sejak pekan lalu, layanan vaksinasi dari pintu ke pintu diberikan untuk mendongkrak capaian. Pada Oktober mendatang, sedikitnya 5.000 orang di wilayah tersebut ditargetkan sudah tervaksin.

JAKARTA, KOMPAS — Perubahan pola menstruasi setelah vaksinasi sejauh ini belum terdaftar sebagai efek samping umum dari vaksinasi Covid-19. Namun, semakin banyak perempuan melaporkan mengalami perubahan siklus menstruasi setelah divaksinasi Covid-19 sehingga menuntut kajian lebih mendalam.

Artikel yang ditulis Victoria Male, spesialis reproduksi di Imperial College London di jurnal The BMJ yang dipublikasikan pada Rabu (15/9/2021), menyebutkan, lebih dari 30.000 laporan terkait perubahan pola menstruasi telah diterima Badan Pengawas Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA) hingga 2 September 2021.

Editor: Ichwan Susanto
Bagikan
Memuat data..