logo Kompas.id
KesehatanKementerian Kesehatan Pastikan Tidak Ada Kebocoran Data dalam Sistem eHAC

Kementerian Kesehatan Pastikan Tidak Ada Kebocoran Data dalam Sistem eHAC

Kementerian Kesehatan masih menindaklanjuti kerentanan sistem kartu kewaspadaan kesehatan elektronik. Hal itu menyusul adanya laporan dugaan terjadi kebocoran data pengguna aplikasi tersebut.

Oleh DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA

Petugas memeriksa kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (eHAC) penumpang yang baru tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (22/3/2021). Pemeriksaan itu sebagai langkah antisipasi pencegahan penularan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS — Kementerian Kesehatan memastikan tidak ada kebocoran data dalam sistem kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau e-HAC. Data yang terekam dalam sistem tersebut juga telah dilindungi. Sementara ini, investigasi masih dilakukan untuk memastikan tidak ada kerentanan lain terkait data pada sistem tersebut.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Anas Ma’ruf di Jakarta, Rabu (1/9/2021), menuturkan, Kementerian Kesehatan telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri untuk menginvestigasi dan memastikan tidak ada kerentanan lain pada sistem e-HAC. Hal ini dilakukan sebagai bentuk mitigasi risiko keamanan siber atas data masyarakat.

Editor: evyrachmawati
Bagikan
Memuat data..