logo Kompas.id
KesehatanMewaspadai Lonjakan Jumlah Penduduk Lanjut Usia

Mewaspadai Lonjakan Jumlah Penduduk Lanjut Usia

Indonesia diprediksi masuk dalam kelompok negara dengan populasi menua. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan lansia agar hidup berkualitas yakni dengan pembiasaan pola makan sehat sejak masih muda.

Oleh MUCHAMAD ZAID WAHYUDI
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Mayawati, seorang lanjut usia yang tetap produktif di usianya ke-88 tahun saat ditemui di rumahnya yang juga menjadi tempat usaha menjual biji kopi di pasar Lama, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (29/5/2021). Lansia merupakan mereka yang berusia atas 60 tahun. Setiap tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lansia Nasional.

Mulai tahun ini, Indonesia diprediksi akan masuk dalam kelompok negara dengan populasi menua atau ageing society. Jumlah penduduk lanjut usia yang besar itu harus disikapi secara bijak untuk memastikan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka.

Sensus Penduduk Indonesia 2020 menyebut jumlah penduduk lanjut usia atau lansia di Indonesia mencapai 9,78 persen dari total penduduk, naik signifikan dibandingkan jumlah lansia pada satu dekade sebelumnya yang hanya mencapai 7,59 persen. Sebuah negara dianggap masuk kelompok populasi menua apabila jumlah penduduk lansia berumur lebih dari 60 tahun mencapai lebih dari 10 persen dari total populasi.

Editor: evyrachmawati
Bagikan
Memuat data..