logo Kompas.id
InternasionalUni Eropa Rapat di Brussels,...

Uni Eropa Rapat di Brussels, Rusia Bombardir Luhansk

Rusia terus meningkatkan intensitas pengeboman di wilayah Luhansk, Ukraina timur. Ini dilakukan saat pemimpin Uni Eropa mulai membahas proposal keanggotaan Ukraina ke dalam blok ekonomi di Benua Biru itu.

Oleh
PASCAL S BIN SAJU
· 1 menit baca
Seorang pria berdiri di dekat barikade yang dibuat dengan mobil polisi yang hancur di Lysychansk, Provinsi Luhansk,  Donbas, Ukraina timur, 21 Juni 2022. Ukraina menyatakan penembakan Rusia menyebabkan kehancuran dahsyat di kota industri Sievierodonetsk, yang dipisahkan dengan sebuah sungai dengan  Lysychansk.
AFP/ANATOLII STEPANOV

Seorang pria berdiri di dekat barikade yang dibuat dengan mobil polisi yang hancur di Lysychansk, Provinsi Luhansk, Donbas, Ukraina timur, 21 Juni 2022. Ukraina menyatakan penembakan Rusia menyebabkan kehancuran dahsyat di kota industri Sievierodonetsk, yang dipisahkan dengan sebuah sungai dengan Lysychansk.

KYIV, KAMIS — Pasukan Rusia membombardir dalam skala besar dan luas wilayah Provinsi Luhansk di Donbas, Ukraina timur. Bahkan kota industri utama Sievierodonetsk, Luhansk, yang dalam empat bulan terakhir menjadi target utama serangan Rusia telah berubah menjadi medan tempur sengit bagi para tentara dan kombatan Ukraina yang bertahan di sana.

Pemerintah Ukraina, Rabu (22/6/2022), mengonfirmasi peningkatan intensitas serangan itu. Rusia terus menggempur Ukraina timur dan merangsek meski ada perlawanan sengit dari militer Ukraina. Walau Rusia melancarkan serangan masif ke Sievierodonetsk, pasukan Ukraina dilaporkan tetap bertahan ”selama diperlukan”.

Editor:
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
Bagikan