logo Kompas.id
InternasionalAS Tak Bisa Melindungi Sekolah...

AS Tak Bisa Melindungi Sekolah dari Senjata Api

Sebagian rakyat AS geram dan menuntut ada aturan ketat tentang kepemilikan dan penggunaan senjata. Namun, mereka tak yakin Pemerintah AS mau atau mampu bertindak tegas.

Oleh
LUKI AULIA
· 1 menit baca
Aparat kepolisian mendatang Sekolah Dasar Uvalde setelah penembakan massal, 24 Mei 2022.
AP/THE SAN ANTONIO EXPRESS/WILLIAM LUTHER

Aparat kepolisian mendatang Sekolah Dasar Uvalde setelah penembakan massal, 24 Mei 2022.

Penembakan guru dan siswa di Sekolah Dasar Robb, Uvalde, Negara Bagian Texas, Amerika Serikat, kembali memicu perdebatan mengenai aturan kepemilikan dan penggunaan senjata api di negeri koboi itu. Dua guru dan 19 anak tewas di ujung senjata semi otomatis AR-15 milik Salvador Ramos (18), Selasa (24/5/2022). Sebagian rakyat AS geram dan menuntut agar segera ada aturan mengenai kepemilikan dan penggunaan senjata yang lebih ketat dan tegas. Namun, mereka juga tak yakin Kongres bakal mau atau mampu bertindak tegas.

Jajak pendapat yang dirilis Reuters/Ipsos, Rabu (25/5/2022), menyebutkan, 84 persen dari 940 orang setuju ada pemeriksaan latar belakang calon pembeli untuk penjualan senjata api. Sebanyak 70 persen mendukung pihak berwenang menyita senjata dari orang-orang yang berpotensi mengancam keselamatan publik. Mayoritas responden, 72 persen, pun mendukung menaikkan usia pembelian senjata dari 18 tahun menjadi 21 tahun.

Editor:
FRANSISCA ROMANA
Bagikan