logo Kompas.id
InternasionalMenonton ”Water Puppet”,...

Menonton ”Water Puppet”, Wayang Goleknya Orang Vietnam

Pertunjukan ”water puppet” sekilas serupa pertunjukan wayang golek. Pertunjukan digelar di dalam kolam berisi air. Lantai air yang beriak dan cipratannya menjadi panggung yang atraktif bagi boneka berbagai bentuk.

Oleh
ANGGER PUTRANTO
· 1 menit baca
Adegan aktivitas masyarakat tradisional Vietnam ditampilkan dalam drama boneka di Thang Long Water Puppet Theater, Hanoi, Vietnam, Jumat (20/5/2022). Pertunjukan <i>water puppet </i>yang menyerupai pertunjukan wayang golek di Indonesia ini menceritakan tentang Raja Le Loi yang mengembalikan pedang sakti kepada Raja Naga melalui bantuan kura-kura di Danau Hoan Kiem.
KOMPAS/ANGGER PUTRANTO

Adegan aktivitas masyarakat tradisional Vietnam ditampilkan dalam drama boneka di Thang Long Water Puppet Theater, Hanoi, Vietnam, Jumat (20/5/2022). Pertunjukan water puppet yang menyerupai pertunjukan wayang golek di Indonesia ini menceritakan tentang Raja Le Loi yang mengembalikan pedang sakti kepada Raja Naga melalui bantuan kura-kura di Danau Hoan Kiem.

Berkunjung ke negeri orang akan menjadi lengkap jika bisa mengetahui cerita sejarah dan kebudayaan setempat. Thang Long Water Puppet menyediakan dua hal itu sekaligus, karena itu, saya memilih mengakhiri perjalanan saya di Vietnam dengan berkunjung ke sana.

Thang Long Water Puppet Theatre terletak di dekat Danau Hoan Kiem. Lokasinya ada di deretan ruko-ruko di sisi utara danau.

Editor:
EMILIUS CAESAR ALEXEY
Bagikan