logo Kompas.id
InternasionalDari Pesaing Menjadi Kawan

Dari Pesaing Menjadi Kawan

Setelah hampir satu dekade hubungan Turki-Uni Emirat Arab naik turun dan disertai ketegangan, pemimpin kedua negara mencoba berdamai dan bekerja bersama.

Oleh
Mahdi Muhammad dan Kris Mada
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/ADEM ALTAN

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) menyambut Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan (kanan) dalam upacara kenegaraan di Kantor Kepresidenan di Ankara, Turki, Rabu (24/11/2021).

Pemerintah Turki dan Uni Emirat Arab menandatangani kesepakatan kerja sama senilai 10 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 143 triliun, Rabu (24/11/2021). Kesepakatan dalam bidang teknologi hingga energi itu langsung ditandatangani oleh Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan dan Putra Mahkota Abu Dhabi, penguasa UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan.

Nota kesepahaman investasi ini melibatkan entitas bisnis dan investasi Pemerintah UEA, yaitu Abu Dhabi Development Holding (ADQ) dan mitranya dari Turki, yakni Turkish Wealth Fund (TVF) dan Kantor Investasi Kepresidenan Turki serta beberapa perusahaan Turki. Kantor berita Turki, Anadolu (AA), juga menyebut kerja sama bank sentral kedua negara.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan