logo Kompas.id
InternasionalJalur Lintas untuk Domba-domba

Jalur Lintas untuk Domba-domba

Menjelang musim dingin, para gembala di Spanyol utara menggiring domba mereka ke padang rumput yang ada di bagian selatan negeri itu. Mereka melintasi perdesaan yang kini salah satunya telah menjadi kota besar, Madrid.

Oleh
B Josie Susilo Hardianto
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/Jemwd7kw1Q5dvZ_DKp21NqhePKg=/1024x1248/https://kompas.id/wp-content/uploads/2021/10/20211025-KILWAT-H4_1635170986.jpg
Kompas

Supriyanto

Tidak seperti biasanya, pada Minggu (24/10/2021), salah satu jalan utama di kota Madrid, Spanyol, ramai oleh bunyi denting lonceng. Kali ini bukan dari kendaraan yang memadati jalan itu. Bunyi gemerincing itu berasal dari lonceng-lonceng kecil yang dikalungkan pada leher ribuan domba yang berjalan bersama para gembala.

Mereka melewati jantung Madrid mengikuti rute penggembalaan era kuno. Rute itu menghubungkan wilayah di Spanyol utara dengan padang rumput di wilayah selatan. Beberapa abad lalu, ketika musim dingin tiba, para gembala menggiring domba melewati rute itu dan melintasi perdesaan yang tenang. Namun, seiring waktu, perdesaan itu telah berkembang menjadi kota besar dan sibuk.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan