logo Kompas.id
InternasionalTerus Uji Coba Rudal, dari Hipersonik hingga Antipesawat, Apa Maunya Korut?

Terus Uji Coba Rudal, dari Hipersonik hingga Antipesawat, Apa Maunya Korut?

Korut diketahui memiliki sejarah panjang dalam menggunakan uji coba senjata-senjata rudalnya sebagai strategi untuk menyampaikan pesan dan keinginannya.

Oleh
BENNY D KOESTANTO dan MH SAMSUL HADI
· 1 menit baca
Memuat data...
AP/KOREAN CENTRAL NEWS AGENCY/KOREA NEWS SERVICE

Foto yang dipasok oleh Pemerintah Korea Utara, Jumat (1/10/2021), ini memperlihatkan penembakan rudal yang diklaim oleh Korut sebagai uji rudal baru anti-pesawat di negara itu, Kamis (30/9/2021). Kantor berita AP menyebutkan, foto ini tidak bisa diverifikasi secara independen karena media independen tak mendapat akses untuk meliput peristiwa tersebut.

SEOUL, JUMAT — Korea Utara dilaporkan kembali menembakkan rudal baru anti-pesawat dalam lanjutan uji coba rudal pada Kamis (30/9/2021). Ini peristiwa teraktual dalam serangkaian uji coba senjata oleh negara bersenjata nuklir itu. Pada awal pekan ini Pyongyang mengklaim sukses menguji rudal hipersonik terbaru. Sebelumnya, awal September lalu, negara miskin itu juga mengaku berhasil meluncurkan rudal jelajah jarak jauhnya.

Kantor berita Korut KCNA mewartakan, rudal anti-pesawat terbaru yang diluncurkan tersebut memiliki ”kinerja tempur yang luar biasa”, dengan fasilitas antara lain kontrol kemudi kembar dan teknologi baru lainnya. Foto peluncuran rudal itu ditampilkan pada surat kabar Pemerintah Korut, Rodong Sinmun, pada edisi Jumat (1/10/2021). Terlihat foto rudal tengah meluncur ke langit dari sebuah kendaraan peluncuran pada Kamis.

Editor:
samsulhadi
Bagikan