logo Kompas.id
InternasionalSiap Berunding, Korut Syaratkan Pengurangan Sanksi

Siap Berunding, Korut Syaratkan Pengurangan Sanksi

Pyongyang siap melanjutkan pembicaraan dengan Seoul jika persyaratan terpenuhi, di antaranya pelonggaran sanksi ekonomi dan penghentian sikap memusuhi Korut.

Oleh
Pascal S Bin Saju
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/AHN YOUNG-JOON

Siaran televisi menunjukkan wajah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam program berita di layar televisi di Stasiun Kereta di Seoul, Korea Selatan, 27 Juli 2021.

SEOUL, JUMAT — Kim Yo Jong, saudari paling berpengaruh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Jumat (24/9/2021), menegaskan, Pyongyang siap melanjutkan pembicaraan dengan Seoul jika persyaratan terpenuhi. Di antaranya, Seoul harus membujuk Washington untuk melonggarkan sanksi ekonomi dan menghentikan kebijakan yang memusuhi Korut.

Pernyataan Yo Jong yang disiarkan KCNA, saluran berita resmi Pemerintah Korea Utara, itu untuk merespons seruan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in tentang akhir Perang Korea. Moon dalam pidatonya di Sidang Ke-67 Majelis Umum PBB di New York, Kamis (23/9), mengusulkan deklarasi resmi guna mengakhiri Perang Korea melalui gencatan senjata dan perjanjian damai.

Editor:
Fransisca Romana
Bagikan