logo Kompas.id
InternasionalPerancis Dapat Konsesi Setelah AUKUS

Perancis Dapat Konsesi Setelah AUKUS

Washington berupaya meredakan kemarahan Paris, antara lain, lewat telepon Biden kepada Macron. Biden mengakui peran Perancis amat penting di Indo-Pasifik. Perancis satu-satunya negara Eropa yang punya wilayah di Pasifik.

Oleh kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...
BENOIT TESSIER / POOL / AFP

Presiden Perancis Emmanuel Macron (kanan) dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden menghadiri  2021 Munich Security Conference secara virtual pada Februari 2021. Pada 22 September 2021, Biden menelepon Macron untuk meredakan ketegangan yang dipicu keputusan AS membentuk AUKUS.

PARIS, KAMIS — Amerika Serikat setuju menyokong operasi militer di kawasan Sahel, Afrika, oleh Perancis dan negara-negara Eropa. Persetujuan itu disampaikan Presiden AS Joe Biden kepada Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Biden menelepon Macron pada Rabu (22/9/2021) malam waktu Paris atau Kamis dini hari WIB. Dalam pernyataan resmi Istana Kepresidenan Perancis ditegaskan, Biden meminta waktu menelepon Macron. Permintaan itu dilontarkan selepas Paris secara terbuka marah atas keputusan AS menggalang aliansi baru bersama Australia dan Inggris.

Editor: Fransisca Romana
Bagikan
Memuat data..