logo Kompas.id
InternasionalGara-gara AUKUS, Perancis Ancam Jegal Perundingan Dagang UE-Australia

Gara-gara AUKUS, Perancis Ancam Jegal Perundingan Dagang UE-Australia

Perancis mengisyaratkan menolak perjanjian dagang Uni Eropa-Australia sebagai respons lanjutan atas pembentukan aliansi Australia-Inggris-AS. Padahal, perjanjian itu bisa menghasilkan miliaran dollar AS bagi Australia.

Oleh kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/THOMAS COEX

Presiden Perancis Emmanuel Macron memberikan keterangan dalam konferensi pers pada KTT NATO di Brussels, Belgia, 14 Juni 2021. Perancis marah terkait pembentukan aliansi militer baru antara Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AUKUS). Aliansi ini membantu Australia, yang sudah terikat kontrak pembuatan kapal selam bertenaga diesel dengan Perancis, memiliki sedikitnya delapan kapal selam bertenaga nuklir.

PARIS, SENIN — Aliansi militer Australia-Inggris-Amerika Serikat, atau yang dinamai dengan AUKUS, terus memicu perpecahan. Kini, perpecahan itu terlihat di Uni Eropa dan ASEAN gara-gara aliansi bernama AUKUS. Canberra bisa kehilangan pasar bernilai puluhan miliar dollar AS per tahun.

Di Uni Eropa (UE), Perancis melebarkan kemarahannya terkait AUKUS pada soal perundingan perjanjian dagang Australia-UE. ”Tidak terpikirkan untuk meneruskan perundingan dagang bersama negara yang sudah tidak ada saling percaya,” kata Clément Beaune, Menteri Urusan Eropa pada pemerintahan Perancis, Minggu (19/9/2021) malam waktu Paris atau Senin dini hari WIB, kepada sejumlah media Perancis.

Editor: samsulhadi
Bagikan
Memuat data..