logo Kompas.id
InternasionalVarian Delta dan Banjir Hambat Pemulihan Ekonomi China

Varian Delta dan Banjir Hambat Pemulihan Ekonomi China

Ekonomi China ditargetkan tumbuh dari 2,3 persen pada 2020 menjadi di atas 6 persen pada 2021. Tren positif di semester I-2021 tersandung di Agustus akibat Covid-19 varian Delta dan banjir.

Oleh BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/WANG ZHAO

Seorang bapak bersama dua putranya terlihat berbelanja di sebuah swalayan di Beijing, China, 25 Juli 2021. Data terbaru menunjukkan tingkat pertumbuhan penjualan ritel di China melemah pada Agustus tahun ini.

BEIJING, RABU — Tren pemulihan ekonomi China tersandung oleh perlambatan pertumbuhan beberapa sektor di Agustus. Ini merupakan konsekuensi dari pengetatan protokol kesehatan di sejumlah daerah menyusul lonjakan kasus Covid-19 varian Delta dan banjir.

Pada tahun lalu, China menjadi satu-satunya negara dengan ekonomi skala besar yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif, yakni 2,3 persen. Tahun ini, Pemerintah China menargetkan pertumbuhan ekonomi meningkat menjadi di atas 6 persen. Sementara Dana Moneter Internasional  (IMF) per Juni memperkirakan, China akan tumbuh 8,1 persen pada 2021 dan 5,7 persen di 2022.

Editor: laksanaas
Bagikan
Memuat data..