logo Kompas.id
InternasionalUNHCR Diminta Bergerak Cepat Mencari Negara Penempatan bagi Pengungsi di Indonesia

UNHCR Diminta Bergerak Cepat Mencari Negara Penempatan bagi Pengungsi di Indonesia

Ketidakjelasan status para pengungsi berdampak jangka panjang, terutama pada masa depan mereka. UNHCR diharap bergerak lebih cepat.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Poster yang dibawa oleh pencari suaka asal Afghanistan dalam unjuk rasa di depan kantor Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (24/8/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Komisi Tinggi Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) diminta bergerak lebih cepat untuk memperjelas status para imigran yang ada di Indonesia, termasuk para imigran asal Afghanistan. Ketidakjelasan status mereka berdampak jangka panjang, tidak hanya kepada para imigran itu sendiri, tetapi juga negara yang menjadi lokasi singgah, seperti Indonesia.

Harapan tersebut disampaikan pakar hukum internasional sekaligus Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani Profesor Hikmahanto Juwana saat berbicara pada diskusi virtual ”Mencari Kepastian Para Pengungsi Afghanistan di Indonesia” yang diselenggarakan Hukum Online, Kamis (16/9/2021). ”Para pengungsi Afghanistan yang ada di Indonesia saat ini, menurut saya, adalah imigran gelap. Status mereka belum ditentukan oleh UNHCR,” kata Hikmahanto.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..