logo Kompas.id
InternasionalKorut Uji Coba Rudal Balistik Pertama dari Kereta Api

Korut Uji Coba Rudal Balistik Pertama dari Kereta Api

Rudal yang ditembakkan itu terbang sejauh 800 kilometer dan secara akurat mengenai sasaran di laut. Senjata tersebut ditembakkan dari kereta api yang melaju di wilayah pegunungan tengah Korut.

Oleh
Pascal S Bin Saju
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/JUNG YEON-JE

Warga di sebuah stasiun kereta di Seoul, Korea Selatan, Rabu (15/9/2021), menyaksikan televisi yang menayangkan uji rudal Korea Utara. Korut menembakkan dua rudal balistik yang jatuh di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

SEOUL, KAMIS — Korea Utara, Kamis (16/9/2021) pagi, mengklaim berhasil menembakkan rudal balistik jarak pendek untuk pertama kalinya dari kereta api. Tindakan yang disebut sebagai upaya meningkatan ”kekuatan penggertak” itu diumumkan sehari setelah Korea Utara dan Korea Selatan saling menguji coba rudal balistik yang sama dan empat hari setelah Korut menguji rudal jelajah jarak jauh.

Media resmi Pyongyang, Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), mengatakan, penembakan rudal balistik dari kereta api itu berasal dari latihan ”resimen rudal yang diangkut kereta api”. Senjata tersebut diangkut melintasi rel kereta api di wilayah pegunungan tengah Korut. Rudal yang ditembakkan itu terbang sejauh 800 kilometer dan secara akurat mengenai sasaran di laut.

Editor:
Fransisca Romana
Bagikan