logo Kompas.id
InternasionalKishida Usulkan Kebijakan Keras terhadap China

Kishida Usulkan Kebijakan Keras terhadap China

Mantan Menlu Jepang Fumio Kishida mengusulkan kebijakan yang lebih tegas terhadap China yang dinilainya semakin agresif. Usulan kebijakan ini diyakini terkait dengan ketertinggalannya dalam perburuan kursi Ketua LDP.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Ketua Dewan Riset Kebijakan Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang, Fumio Kishida, berbicara kepada media setelah mengumumkan pencalonannya untuk kepemimpinan LDP di Tokyo pada 1 September 2020. Partai yang berkuasa di Jepang akan memberikan suara pada 14 September 2020 tentang pengganti Perdana Menteri Shinzo Abe , perdana menteri terlama di negara itu, yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

TOKYO, SENIN — Jepang harus berani bersikap lebih tegas terhadap China yang semakin agresif, yang telah memperlihatkan kemampuan militernya di perairan Jepang, dengan melakukan hal yang sama, yaitu meningkatkan kemampuan penjaga pantai dan memperbaiki komunikasi dengan angkatan bersenjatanya. Memiliki kemampuan militer yang memadai untuk menyerang adalah pilihan utama untuk memperkuat pertahanan.

Pemikiran itu disampaikan Fumio Kishida, Senin (13/9), mantan Menteri Luar Negeri Jepang, dalam sebuah konferensi pers di gedung parlemen. Kishida adalah salah satu dari tiga kandidat yang saat ini bersaing menjadi orang nomor satu di Partai Demokrat Liberal (LDP) menggantikan Yoshihide Suga, sekaligus PM Jepang.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..