logo Kompas.id
InternasionalUni Eropa Dihadapkan pada Dilema Pengurangan Utang

Uni Eropa Dihadapkan pada Dilema Pengurangan Utang

Penerapan pakta anggaran sesuai aturan di masa normal di Uni Eropa menjadi dilematis. Penerapan pakta anggaran yang ketat akan menyebabkan pengurangan brutal dalam investasi publik.

Oleh BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/THANASSIS STAVRAKIS

Wisatawan menikmati matahari di pantai Plaka di Pulau Aegean Naxos, Yunani, Jumat, 14 Mei 2021. Yunani meluncurkan musim pariwisatanya pada di tengah persaingan kompetitif di seluruh Mediterania untuk memikat wisatawan yang telah bebas dari kebijakan pembatasan aktivitas pandemi Covid-19.

FRANKFURT, JUMAT — Ada aneka konsekuensi yang harus ditanggung dari sebuah pilihan. Utang publik negara-negara di Zona Euro meningkat karena stimulus ekonomi digeber guna mencegah pandemi Covid-19 menjadi pandemi perekonomian. Kini, ketika muncul seruan pelonggaran aturan anggaran dilema pun terjadi, seiring kinerja ekonomi di 27 negara Eropa mencoba bangkit.

Para menteri keuangan Uni Eropa bertemu pada Jumat (10/9/2021) dan Sabtu (11/9) di Slovenia. Isu tentang anggaran itu dibicarakan dengan hati-hati. Komisi Eropa, eksekutif Uni Eropa yang mengawasi anggaran negara-negara anggota UE, berupaya melakukan yang terbaik. Perkelahian politik dicegah, jangan sampai meluas dan mengganggu kampanye pemilihan umum Jerman yang akan digelar bulan ini. ”Kita harus menemukan aturan yang berbeda, pengembalian (utang) yang berbeda untuk keseimbangan anggaran,” Menteri Keuangan Perancis, Bruno Le Maire, saat dirinya tiba di Slovenia.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..