logo Kompas.id
InternasionalParade Militer Korea Utara Lebih Moderat

Parade Militer Korea Utara Lebih Moderat

Parade militer dalam rangka ulang tahun ke-73 Korea Utara tidak memperlihatkan kemampuan militer yang sesungguhnya. Korut tidak mau mengirim pesan provokatif jelang pertemuan AS, Korea Selatan dan Jepang, pekan depan.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
KOREAN CENTRAL NEWS AGENCY/KOREA NEWS SERVICE VIA AP, FILE

Foto yang dirilis Pemerintah Korea Utara memperlihatkan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un (tengah) diapit para petinggi pemerintah dan orang kepercayaannya melambaikan tangan kepada para peserta parade militer yang berlangsung di Kim Il Sung Square, Kamis (9/9/2021).

SEOUL, KAMIS — Ribuan warga kota Pyongyang, ibu kota Korea Utara, menghadiri parade militer memperingati perayaan ulang tahun ke-73 negara itu. Parade militer yang berlangsung pada Kamis (9/9/2021) dini hari di Kim Il Sung Square dihadiri langsung oleh Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dan sejumlah pejabat tinggi pemerintahan.

Salah satu hal yang mencolok dari parade itu adalah ribuan anggota pasukan pertahanan sipil yang menggunakan masker gas dan jas hazmat berwarna merah cerah. Kantor berita Yonhap, mengutip KCNA, menyebutkan, sebagian peserta parade adalah anggota Pengawal Merah Pekerja-Petani (WPRG), sebuah organisasi pertahanan sipil Korut yang beranggotakan lebih dari 5,7 juta pekerja dan petani.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..